"Kenapa bertopeng jika tak punya muka?!"

Senin, 08 Desember 2008

Mengedit Boot Loader GRUB Ubuntu

Okeyyhhh,....artikel kali ini masih berhubungan dengan artikel saya sebelumnya yg didasari karena kekesalan pada boot loader Ubuntu,...kita langsung To The Point aja yahhh,....

Saat Linux diinstal pada suatu komputer yang sebelumnya telah diinstal Windows, dan si installer ingin menggunakan sistem dual booting agar bisa booting ke Windows maupun Linux, maka Linux ini secara otomatis akan membuat suatu menu untuk mengatur pemilihan booting (booting loader).....

Ada 2 jenis boot loader yang cukup dikenal di Linux yaitu LILO dan GRUB. Ada beberapa distro Linux yg boot loadernya bisa kita atur dengan mudah dan praktis sesuai keinginan kita,...tapi ada juga distro Linux yg sistem pengaturan boot loadernya rada' rumit, salah satunya yg pernah membuat saya kesal (baca dalam artikel saya sebelumnya,...)..'salah satu' yg saya maksud disini adalah Ubuntu,....
Dan karena dalam kasus ini saya menggunakan Linux Ubuntu 8.04 atau dikenal juga dengan sebutan Hardy Heron (pemberian seorang teman yg mendapat paket kiriman Linux Ubuntu langsung dari Belanda), saya pun memakainya sebagai sampel bahan percobaan,....

Secara default jenis boot loader yang dipasang oleh Ubuntu adalah GRUB. Saat proses instalasi Ubuntu selesai dan komputer restart maka akan memunculkan boot loader GRUB ini. Pada GRUB ini akan terlihat pilihan Operating System dari Linux maupun Windows. Ada 3 pilihan booting Linux dan 1 pilihan booting MS Windows (pilihan-pilihan ini yang umum tapi bisa juga berbeda tergantung operating sistem yang ada di komputer yang bersangkutan). Menurut saya, pilihan-pilihan ini jadi kelihatan rumit dan berantakan, karena tulisannya panjang-panjang dan default booting tertuju pada Linux Ubuntu....bener2 ga simple bagi saya yang kurang menyukai sesuatu yg berbau rumit,...
gini nih tampilan GRUB pada saat booting,...













Rumit khan ??
akhirnya timbul keinginan Saya untuk menyederhanakan menu GRUB ini menjadi hanya 2 pilihan booting Linux Ubuntu dan 1 pilihan booting MS Windows dengan booting default pada Windows dan tulisan pilihannya di sederhanakan (tidak usah panjang2). Maka yang harus dilakukan adalah meng-edit file menu.lst yang ada di folder /boot/grub/menu.lst

Berikut ini step by stepnya :

1. Booting ke Ubuntu yang sudah di install

2. Klik Applications -> Accessories -> Terminal

















3. Pada terminal ketik : sudo gedit /boot/grub/menu.lst

sudo adalah command untuk mendapat hak mengakses root (administrator)

gedit (Gnome Edit) adalah perintah membuka text editor berbasis windows

Untuk menjalankan perintah ini kita harus tahu password root...pasti temen2 tahu lah,...
kalo ga tahu passwordnnya,..ya udah jangan dilanjutin lagi bacanya,..percuma,....hE..hE...bercanda koq,....mari kita lanjut,...

4. Setelah gedit membuka file menu.lst maka lakukan editing pada pilihan menu booting yg berada di bagian bawah file menu.lst ini.
Editing ini misalnya, pada kolom title kita edit untuk disederhanakan. Kemudian pindahkan menu booting Windows dengan cara di cut kemudian di paste pada bagian kolom kosong sebelum blok booting Linux.


















5. Setelah puas melakukan editing, save, dan restart komputer. Dan sekarang silahkan lihat hasilnya,...
Gimana ???mantep ?? Ga usah kaget gitu donk,..biasa aja kali,....hE..hE...hE...

Selamat dicoba dan dinikmati,...semoga bermanfaat,....hO,..hO,..hO,...

1 komentar:

Rome mengatakan...

nice info, coba dulu

Posting Komentar

Silakan ngoceh disini...