"Kenapa bertopeng jika tak punya muka?!"

Senin, 21 September 2009

Idul Fitri 1430 Hijriyyah

Minal Aidzin Wal Faidzin,...
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriyyah,...
Mohon Maaf Lahir dan Batin,....

Itulah kalimat yg pasti terucap setelah kita selesai melaksanakan Puasa di bulan Ramadhan sebulan penuh dan ditutup dengan Sholat Ied bersama,...

Selama Ramadan ini tidak banyak yg berbeda dengan Ramadhan-ramadhan tahun lalu, yaa,..itu menurut kacamata saya secara umum, tapi secara pribadi,...Bulan Ramadhan yg saya lalui tahun ini merupakan sebuah penggodokan di kawah "candradimuka",..he...he..
banyak hal-hal yg religius, ganjilius, autisius, anehsius, gilaius, dan "bla-blabla"ius lainnya yg terjadi pada saya,..dan yg pasti itu semakin membuat jiwa saya sebagai mahasiswa labil semakin matang,,..setelah matang lalu tiriskan dan taburkan garam secukupnya,...nah lho ?!! kok jadi acara masak-memasak ??!!

Dan biasanya ada beberapa "ritual" rutin yg dilakukan orang-orang di Hari Idul Fitri ini (versi kacamata saya tentunya,..he..he...),...
- mudik dan berkumpul bersama keluarga besar (wah ini saya banget,..)

- saling salam-salaman mengucapkan minal aidzin wal faidzin ke teman/keluarga/tetangga/orang dekat dan sujud sungkem ke orang tua

- sibuk mengirim puluhan sms ucapan met lebaran ke teman-teman dan keluarga (ngabisin pulsa !!)

- memakai baju baru, sandal baru, sarung baru, kopiyah baru, celana baru dan "barang baru" lainnya yg sudah dipersiapkan sebelum Idu Fitri,..(ha..ha..ha...Idul Fitri tahun ini tidak satupun barang baru di tangan saya,...)

- bagi yg udah bekerja, menyiapkan "angpou" untuk saudara-saudara (untung saya masih kuliah,..ha..ha...jadi saya yg dapat "angpou"nya,.)

- pergi berkeliling silaturahmi ke tetangga / guru sekolah / orang dekat untuk mencicipi jajanan-jajanan Idul Fitri, ex:keciput, kacang, dll...(selalu siap kantung platik di saku utk membungkus jajanan saat orang-orang lengah,..ha...ha...ha...)

- sibuk mengirim kartu ucapan lebaran ke teman-teman (sekarang udah mulai tergantikan dengan SMS,..ha..ha..perkembangan teknologi,..)

- perut bakal dijejali dengan Opor Ayam, Lontong, Ketupat, Lepet, dan makanan khas Lebaran lainnya,..

- Untuk sesaat menderita "Amnesia" tugas-tugas Kuliah yg menumpuk,..(ha..ha..mahasiswa banget...)

- segera pesan tiket untuk kembali ke tanah perantauan keburu habiz tuh tiket,..(saya sendiri belum pesen tiket untuk arus balik,..waaaaaa..harus cepat !)

Dan masih banyak kebiasaan-kebiasaan lainnya yg dilakukan kebanyakan orang di negeri ini ,..ha..ha...
entah hal itu memang sudah jadi kewajiban atau apalah,..yg pasti hal-hal "sederhana" di atas selalu menjadi rutinitas masyarakat di sekitar kita,...

Bagi kacamata saya sendiri,..
Bulan Ramadhan = Awal Perubahan ke Arah yg Benar
yaa,...dengan berakhirnya Ramadhan ini,..bukan berarti berakhir juga masa "rajin" ibadah kita ,...bukan berarti berakhir masa "hibernasi" nafsu duniawi kita,....bukan berarti berakhir masa "beku" emosi kita,...
justru pertempuran sebenarnya baru dimulai setelah Hari Raya Idul Fitri ini,...ini adalah awal perjalanan kita menuju ke arah yg benar,..jangan sampai "kompas" yg telah kita peroleh selama Ramadhan ini terbuang percuma hanya karena kita kembali ke kebiasaan-kebiasaan buruk sebelumnya,..
So, Start Now to breaking the bad habit!!!

2 komentar:

slam mengatakan...

Met Lebaran bro

YuZ mengatakan...

sama-sama bro...

Posting Komentar

Silakan ngoceh disini...